Resume Berita Menggabungkan pendidikan penggunaan bahan alam dan pelatihan hidroponik sederhana dengan tujuan mencapai kemandirian kesehatan





Mahasiswi Universitas Nahdlatul Ulama (UNUSA) Prodi D-IV Analis Kesehatan melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Desa Simo Angin-Angin, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Berbagai program dilaksanakan, salah satunya adalah “Program Pemanfaatan Bahan Alam untuk Mewujudkan Kemandirian Kesehatan” yang meliputi para kader kesehatan. Kegiatan tersebut bertujuan sebagai penguatan kemandirian Kesehatan di desa Sumo Angin-Angin demi kesejahteraan bersama.

Program ini dilaksanakan pada 24 Juni 2023 dengan dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Program utama yang dilakukan adalah memberikan pendidikan tingkat edukasi atau penyuluhan penggunaan bahan-bahan alami (herbal) seperti jintan hitam yang esensial bagi kesehatan hingga cara memanfaatkan pertanian hidroponik. Hidroponik vertikal digunakan untuk menghemat tanah, sehingga diharapkan dapat dipasang di rumah masing-masing warga dan menggunakan bahan yang sederhana yaitu botol yang terbuat dari metode Wick, kemudian dilanjutkan ke hidroponik. memanfaatkan tanah sempit melalui hidroponik vertikal.

Kegiatan ini terbukti memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat karena berdasarkan hasil evaluasi dapat menambah pengetahuan tentang hidroponik dan menumbuhkan keinginan untuk melakukan pertanian sederhana.

Referensi : Kombinasi Edukasi Pemanfaatan Bahan Alam & Pelatihan Pembuatan Hidroponik Sederhana Sebagai Upaya Tercapainya Kemandirian Kesehatan

Lihat juga blog teman saya : Hanunkh

Facebook : https://m.facebook.com/unusaofficialfb

Instagram : https://instagram.com/unusa_official/

Comments

Popular posts from this blog

RAMADHAN KAREEM 2024

Resume Tantangan dan Peluang Mahasiswa dalam Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0